Contoh Soal Ulangan Harian Tema 1 Kelas 4: Menggali Indahnya Kebersamaan (Lengkap dengan Kunci Jawaban)

Contoh Soal Ulangan Harian Tema 1 Kelas 4: Menggali Indahnya Kebersamaan (Lengkap dengan Kunci Jawaban)

Pendidikan adalah fondasi utama bagi tumbuh kembang anak, dan salah satu cara untuk mengukur pemahaman siswa adalah melalui ulangan harian. Ulangan harian berfungsi tidak hanya sebagai evaluasi, tetapi juga sebagai alat untuk mengidentifikasi area mana yang mungkin memerlukan perhatian lebih dari guru maupun siswa. Bagi siswa kelas 4 Sekolah Dasar, Tema 1 "Indahnya Kebersamaan" adalah gerbang awal untuk memahami kekayaan budaya Indonesia dan pentingnya persatuan di tengah keberagaman.

Tema "Indahnya Kebersamaan" dirancang untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap identitas bangsa serta sikap toleransi dan gotong royong. Materi yang dicakup dalam tema ini sangat interdisipliner, melibatkan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), serta Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat penting.

Artikel ini akan menyajikan kumpulan contoh soal ulangan harian Tema 1 Kelas 4 yang terbagi berdasarkan mata pelajaran, lengkap dengan kunci jawabannya. Contoh soal ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi siswa untuk belajar, bagi orang tua untuk mendampingi, dan bagi guru untuk merancang penilaian yang efektif.

Contoh Soal Ulangan Harian Tema 1 Kelas 4: Menggali Indahnya Kebersamaan (Lengkap dengan Kunci Jawaban)

I. Bahasa Indonesia: Menggali Informasi dari Teks

Dalam Tema 1, fokus Bahasa Indonesia adalah kemampuan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari sebuah teks, serta meringkas informasi. Teks yang digunakan umumnya berkaitan dengan keberagaman budaya Indonesia, seperti pawai budaya, rumah adat, atau makanan khas.

Contoh Teks Pendek:
Pawai Budaya adalah kegiatan yang sangat dinanti-nantikan di setiap kota. Berbagai suku bangsa dengan pakaian adat dan alat musik tradisional mereka berbaris rapi. Mereka menampilkan tarian daerah yang indah dan memperkenalkan keunikan budaya masing-masing. Kegiatan ini menunjukkan betapa kayanya Indonesia akan keberagaman budaya.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Apa yang dimaksud dengan gagasan pokok?
    a. Kalimat yang menjelaskan gagasan utama.
    b. Ide utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.
    c. Kalimat yang mendukung gagasan utama.
    d. Penjelasan rinci tentang suatu topik.
  2. Berdasarkan teks di atas, manakah yang merupakan gagasan pokok paragraf tersebut?
    a. Pawai Budaya menampilkan tarian daerah.
    b. Berbagai suku bangsa berbaris rapi.
    c. Pawai Budaya adalah kegiatan yang sangat dinanti-nantikan.
    d. Indonesia kaya akan keberagaman budaya.
  3. Apa fungsi gagasan pendukung?
    a. Menyimpulkan isi paragraf.
    b. Memperjelas dan mengembangkan gagasan pokok.
    c. Memberikan judul pada paragraf.
    d. Mengubah makna gagasan pokok.
  4. Berikut ini yang bukan merupakan contoh gagasan pendukung dari teks di atas adalah…
    a. Berbagai suku bangsa dengan pakaian adat dan alat musik tradisional mereka berbaris rapi.
    b. Mereka menampilkan tarian daerah yang indah.
    c. Pawai Budaya adalah kegiatan yang sangat dinanti-nantikan di setiap kota.
    d. Kegiatan ini menunjukkan betapa kayanya Indonesia akan keberagaman budaya.
  5. Langkah pertama dalam membuat ringkasan adalah…
    a. Menulis ulang seluruh isi teks.
    b. Mencari kalimat utama dari setiap paragraf.
    c. Membuang semua kata sambung.
    d. Menuliskan pendapat pribadi tentang teks.

Soal Isian Singkat:

  1. Setiap paragraf tersusun dari satu gagasan dan beberapa gagasan .
  2. Untuk menemukan gagasan pokok, kita perlu membaca teks dengan _____ dan memahami inti pembicaraan.
  3. Ringkasan adalah penyajian kembali teks yang panjang menjadi lebih _____ tanpa menghilangkan inti atau gagasan utama.

Soal Uraian:

  1. Bacalah paragraf berikut:
    Suku Minang berasal dari Sumatera Barat. Suku ini memiliki rumah adat yang disebut Rumah Gadang, yang bentuk atapnya menyerupai tanduk kerbau. Selain itu, Suku Minang juga terkenal dengan makanan khasnya, yaitu Rendang, yang kelezatannya diakui dunia. Banyak tradisi unik yang dipertahankan oleh masyarakat Minang hingga saat ini.
    Tentukan gagasan pokok dan dua gagasan pendukung dari paragraf di atas!
See also  Menjelajahi Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum 2013: Contoh Soal dan Pembahasan

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia:

  1. b. Ide utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.
  2. c. Pawai Budaya adalah kegiatan yang sangat dinanti-nantikan.
  3. b. Memperjelas dan mengembangkan gagasan pokok.
  4. c. Pawai Budaya adalah kegiatan yang sangat dinanti-nantikan di setiap kota. (Ini adalah gagasan pokok, bukan gagasan pendukung).
  5. b. Mencari kalimat utama dari setiap paragraf.

Isian Singkat:

  1. pokok, pendukung
  2. cermat
  3. singkat

Uraian:

  1. Gagasan Pokok: Suku Minang berasal dari Sumatera Barat dan memiliki kekayaan budaya.
    Gagasan Pendukung 1: Suku Minang memiliki rumah adat yang disebut Rumah Gadang.
    Gagasan Pendukung 2: Suku Minang terkenal dengan makanan khasnya, yaitu Rendang. (Atau: Banyak tradisi unik yang dipertahankan oleh masyarakat Minang).

II. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Keajaiban Bunyi

Materi IPA dalam Tema 1 berfokus pada konsep bunyi, mulai dari sumber bunyi, sifat-sifat bunyi, cara perambatan bunyi, hingga bagian-bagian telinga sebagai indra pendengar.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Bunyi dihasilkan oleh benda yang…
    a. Diam
    b. Berwarna
    c. Bergetar
    d. Dingin
  2. Contoh sumber bunyi adalah…
    a. Batu
    b. Air tenang
    c. Angklung yang dipukul
    d. Cermin
  3. Bunyi dapat merambat melalui media berikut, kecuali…
    a. Benda padat
    b. Benda cair
    c. Benda gas
    d. Ruang hampa udara
  4. Media perambatan bunyi yang paling cepat adalah…
    a. Udara
    b. Air
    c. Tali
    d. Ruang hampa
  5. Bagian telinga yang berfungsi menangkap getaran bunyi pertama kali adalah…
    a. Daun telinga
    b. Saluran telinga
    c. Gendang telinga
    d. Rumah siput

Soal Isian Singkat:

  1. Bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh benda yang _____.
  2. Tiga media perambatan bunyi adalah , , dan _____.
  3. Indra pendengar manusia adalah _____.

Soal Uraian:

  1. Jelaskan mengapa kita bisa mendengar suara teman yang berbicara di seberang ruangan!
  2. Sebutkan dan jelaskan dua sifat bunyi yang kamu ketahui!

Kunci Jawaban IPA:

  1. c. Bergetar
  2. c. Angklung yang dipukul
  3. d. Ruang hampa udara
  4. c. Tali (benda padat)
  5. c. Gendang telinga

Isian Singkat:

  1. bergetar
  2. padat, cair, gas
  3. telinga

Uraian:

  1. Kita bisa mendengar suara teman yang berbicara di seberang ruangan karena suara (bunyi) yang dihasilkan oleh getaran pita suara teman merambat melalui media udara menuju telinga kita. Getaran bunyi tersebut kemudian ditangkap oleh daun telinga, masuk ke saluran telinga, dan menggetarkan gendang telinga, lalu diproses oleh otak sebagai suara.
  2. Dua sifat bunyi:
    • Bunyi dapat dipantulkan (gema dan gaung): Jika bunyi mengenai permukaan yang keras seperti dinding batu atau tebing, bunyi akan dipantulkan kembali.
    • Bunyi dapat diserap: Jika bunyi mengenai permukaan yang lunak seperti karpet, busa, atau kain, bunyi akan diserap sehingga tidak terjadi pantulan.
    • Bunyi memerlukan medium untuk merambat: Bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa, ia membutuhkan media padat, cair, atau gas untuk sampai ke telinga kita.

III. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS): Keragaman Budaya Bangsaku

Materi IPS dalam Tema 1 membahas tentang keberagaman suku bangsa, budaya, rumah adat, pakaian adat, makanan khas, tarian daerah, alat musik tradisional, dan sikap menghargai keberagaman tersebut.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Indonesia memiliki banyak suku bangsa. Perbedaan suku bangsa adalah contoh dari…
    a. Kesamaan
    b. Keberagaman
    c. Persamaan
    d. Keseragaman
  2. Rumah Gadang adalah rumah adat dari provinsi…
    a. Jawa Tengah
    b. Sumatera Barat
    c. Bali
    d. Sulawesi Selatan
  3. Tari Saman yang terkenal dengan kekompakan gerakannya berasal dari daerah…
    a. Aceh
    b. Papua
    c. Jawa Barat
    d. Kalimantan
  4. Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan adalah…
    a. Gamelan
    b. Sasando
    c. Angklung
    d. Tifa
  5. Sikap yang tepat terhadap teman yang memiliki budaya berbeda adalah…
    a. Mengejeknya
    b. Menghindarinya
    c. Menghargai dan menghormati
    d. Memaksanya mengikuti budaya kita
See also  Menjelajahi Ilmu Agama: Contoh Soal PAS PAI Semester Genap Kelas 4 Lengkap dengan Strategi Belajar Efektif

Soal Isian Singkat:

  1. Masyarakat Indonesia memiliki berbagai macam dan daerah yang menjadi ciri khasnya.
  2. Salah satu makanan khas dari Palembang adalah _____.
  3. Keragaman budaya Indonesia adalah _____ yang harus kita lestarikan.

Soal Uraian:

  1. Sebutkan tiga contoh keberagaman budaya yang ada di Indonesia!
  2. Mengapa kita harus menghargai keberagaman budaya di Indonesia? Jelaskan!

Kunci Jawaban IPS:

  1. b. Keberagaman
  2. b. Sumatera Barat
  3. a. Aceh
  4. c. Angklung
  5. c. Menghargai dan menghormati

Isian Singkat:

  1. suku bangsa, tarian
  2. pempek
  3. kekayaan

Uraian:

  1. Tiga contoh keberagaman budaya di Indonesia:
    • Rumah Adat: (misalnya) Rumah Gadang (Sumatera Barat), Joglo (Jawa Tengah), Honai (Papua).
    • Pakaian Adat: (misalnya) Baju Bodo (Sulawesi Selatan), Kebaya (Jawa), Ulos (Sumatera Utara).
    • Tarian Daerah: (misalnya) Tari Saman (Aceh), Tari Kecak (Bali), Tari Jaipong (Jawa Barat).
    • Alat Musik Tradisional: (misalnya) Angklung (Jawa Barat), Sasando (Nusa Tenggara Timur), Gamelan (Jawa).
    • Makanan Khas: (misalnya) Rendang (Sumatera Barat), Gudeg (Yogyakarta), Papeda (Papua).
  2. Kita harus menghargai keberagaman budaya di Indonesia karena:
    • Memperkaya bangsa: Keberagaman adalah kekayaan yang tak ternilai, membuat Indonesia unik dan menarik.
    • Membangun persatuan: Dengan saling menghargai, kita dapat hidup rukun dan bersatu, meskipun berbeda-beda.
    • Menghindari perpecahan: Sikap toleransi mencegah terjadinya konflik atau perpecahan antarbudaya.
    • Melestarikan budaya: Dengan menghargai, kita turut menjaga agar budaya-budaya daerah tetap lestari.

IV. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn): Persatuan dalam Keberagaman

Materi PPKn dalam Tema 1 menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan, toleransi, kerja sama, serta pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di tengah keberagaman.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Semboyan bangsa Indonesia yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu jua" adalah…
    a. Garuda Pancasila
    b. Bhinneka Tunggal Ika
    c. Merah Putih
    d. Indonesia Raya
  2. Sikap yang harus kita kembangkan untuk menjaga persatuan di tengah keberagaman adalah…
    a. Acuh tak acuh
    b. Egois
    c. Toleransi
    d. Diskriminasi
  3. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang menunjukkan kerja sama di sekolah, kecuali…
    a. Piket kelas
    b. Mengerjakan PR sendiri
    c. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah
    d. Membantu teman yang kesulitan
  4. Manfaat utama dari kerja sama adalah…
    a. Pekerjaan menjadi lebih lama
    b. Pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai
    c. Menimbulkan perdebatan
    d. Membuat seseorang tidak mandiri
  5. Sila ke-3 Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia" mengajarkan kita untuk…
    a. Mengutamakan kepentingan pribadi
    b. Menghargai perbedaan suku dan budaya
    c. Beribadah sesuai keyakinan
    d. Musyawarah mufakat

Soal Isian Singkat:

  1. Menghargai perbedaan pendapat adalah wujud sikap _____.
  2. Jika kita hidup rukun dan saling membantu, maka akan tercipta suasana yang dan .
  3. Contoh kerja sama di lingkungan rumah adalah _____.

Soal Uraian:

  1. Jelaskan mengapa Bhinneka Tunggal Ika sangat penting bagi bangsa Indonesia!
  2. Berikan dua contoh sikap toleransi yang dapat kamu lakukan di sekolah!

Kunci Jawaban PPKn:

  1. b. Bhinneka Tunggal Ika
  2. c. Toleransi
  3. b. Mengerjakan PR sendiri
  4. b. Pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai
  5. b. Menghargai perbedaan suku dan budaya

Isian Singkat:

  1. toleransi
  2. rukun, damai (atau aman, nyaman)
  3. membersihkan rumah bersama keluarga (atau membantu ibu memasak, dsb.)

Uraian:

  1. Bhinneka Tunggal Ika sangat penting bagi bangsa Indonesia karena Indonesia adalah negara yang sangat beragam, baik dari suku, agama, bahasa, maupun budayanya. Semboyan ini mengingatkan kita bahwa meskipun kita berbeda-beda, kita semua adalah satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Dengan memahami dan mengamalkan semboyan ini, kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta mencegah perpecahan.
  2. Dua contoh sikap toleransi di sekolah:
    • Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah sesuai agamanya.
    • Menghargai pendapat teman meskipun berbeda dengan pendapat kita saat berdiskusi.
    • Bermain dengan semua teman tanpa membedakan suku, agama, atau warna kulit.
    • Tidak mengejek atau merendahkan budaya atau kebiasaan teman yang berbeda.
See also  Menjelajah Penilaian Akhir Semester (PAS) Tema 4 Kelas 1: "Keluargaku" – Panduan Lengkap dan Contoh Soal

V. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP): Ekspresi Keindahan Budaya

Materi SBdP dalam Tema 1 melibatkan pemahaman tentang pola lantai dalam tari daerah, properti tari, serta jenis-jenis alat musik tradisional dan cara memainkannya.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Garis imajiner yang dilalui penari saat melakukan gerakan tari disebut…
    a. Properti tari
    b. Gerakan tari
    c. Pola lantai
    d. Kostum tari
  2. Contoh properti tari yang digunakan dalam tari Piring adalah…
    a. Selendang
    b. Kipas
    c. Piring
    d. Topeng
  3. Alat musik tradisional Sasando berasal dari daerah…
    a. Jawa
    b. Sumatera
    c. Nusa Tenggara Timur
    d. Kalimantan
  4. Cara memainkan alat musik Gamelan adalah dengan cara…
    a. Dipetik
    b. Digesek
    c. Dipukul
    d. Ditiup
  5. Pola lantai garis lurus dapat dikembangkan menjadi pola berikut, kecuali…
    a. Horizontal
    b. Vertikal
    c. Diagonal
    d. Lingkaran

Soal Isian Singkat:

  1. Tiga contoh properti tari adalah , , dan _____.
  2. Alat musik Tifa berasal dari daerah dan .
  3. Pola lantai berfungsi untuk membuat tarian terlihat lebih dan .

Soal Uraian:

  1. Jelaskan fungsi pola lantai dalam sebuah tarian!
  2. Sebutkan tiga alat musik tradisional Indonesia dan cara memainkannya!

Kunci Jawaban SBdP:

  1. c. Pola lantai
  2. c. Piring
  3. c. Nusa Tenggara Timur
  4. c. Dipukul
  5. d. Lingkaran (Lingkaran adalah pengembangan dari pola lengkung, bukan lurus)

Isian Singkat:

  1. Selendang, kipas, topeng (jawaban bisa bervariasi)
  2. Papua, Maluku
  3. indah, menarik (atau kompak, dinamis)

Uraian:

  1. Fungsi pola lantai dalam sebuah tarian adalah:
    • Memperindah tarian: Pola lantai membuat gerakan penari lebih bervariasi dan tidak monoton.
    • Menciptakan komposisi: Mengatur posisi penari agar terlihat harmonis dan enak dipandang.
    • Menyampaikan makna: Beberapa pola lantai dapat memiliki makna atau simbol tertentu dalam tarian.
    • Memudahkan penari: Membantu penari mengingat posisi dan pergerakan mereka.
  2. Tiga alat musik tradisional dan cara memainkannya:
    • Angklung: Dimainkan dengan cara digoyangkan.
    • Gamelan: Dimainkan dengan cara dipukul.
    • Sasando: Dimainkan dengan cara dipetik.
    • Tifa: Dimainkan dengan cara dipukul.
    • Suling: Dimainkan dengan cara ditiup.
    • Rebab: Dimainkan dengan cara digesek.

Strategi Belajar Efektif untuk Ulangan Harian

Agar siswa dapat mengerjakan ulangan harian dengan baik, ada beberapa tips yang bisa diterapkan:

  1. Pahami Materi, Bukan Sekadar Menghafal: Bacalah kembali buku tema dan catatan. Usahakan untuk memahami konsep dasar di setiap mata pelajaran.
  2. Latihan Soal: Perbanyak latihan soal dari berbagai sumber, termasuk contoh soal seperti di atas. Ini membantu melatih kemampuan berpikir dan mengingat.
  3. Diskusikan dengan Guru atau Teman: Jika ada materi yang belum dimengerti, jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau berdiskusi dengan teman.
  4. Buat Peta Pikiran (Mind Map): Visualisasikan materi pelajaran dalam bentuk peta pikiran untuk memudahkan mengingat hubungan antar konsep.
  5. Istirahat Cukup: Pastikan tubuh dan pikiran dalam kondisi prima saat belajar dan menghadapi ulangan.

Kesimpulan

Ulangan harian Tema 1 Kelas 4 "Indahnya Kebersamaan" adalah kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka tentang kekayaan budaya Indonesia, pentingnya persatuan, serta konsep-konsep dasar dari berbagai mata pelajaran. Dengan persiapan yang baik, didukung oleh pemahaman yang mendalam dan latihan yang konsisten, setiap siswa pasti dapat meraih hasil yang memuaskan.

Semoga artikel contoh soal dan kunci jawaban ini bermanfaat sebagai salah satu sumber belajar yang efektif. Teruslah semangat belajar dan menggali indahnya ilmu pengetahuan!

About the Author

Ahmad Sukarno

redaksi penulis untuk website dan jurnal jurnal kampus Poltekkesmks selama 5 tahun terakhir ini, suka nulis soal pendidikan dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these